Kumpulan Doa Katolik Sebelum Tidur, Puji Syukur dan Memohon Perlindungan

Baca: 5 Menit
doa malam katolik

Doa Katolik tengah malam dan diikuti dengan meditasi akan berdampak baik bagi kita. Selain mendapat ketenangan jiwa dan pikiran, tubuh akan lebih sehat keesokan harinya. Doa Katolik tengah malam sebagai bentuk puji syukur atas penyertaan Tuhan selama kegiatan sehari penuh. Kamu bisa berdoa untuk memberi perlindungan sebelum tidur dan berharap hari esok lebih baik dari hari kemarin.

Sebelum memulai doa malam, lakukanlah pemeriksaan batin:

1. Posisikan dirimu di dalam hadirat Tuhan: Akuilah kebesaran-Nya dan kekuranganmu.

2. Tenangkan dirimu dan pikirkan apa yang sudah kamu lakukan hari ini. Apakah kamu melakukan salah serta dosa? Apa yang sudah kamu berikan kepada orang lain, kebaikan atau keburukan?

3. Periksalah batinmu dengan ketulusan:

Apakah aku menganggap Tuhan sebagai Bapa? Apakah aku sudah mempersembahkan seluruh pekerjaanku hari ini kepada-Nya? Apakah aku telah menggunakan waktu dengan baik? Apakah aku sudah berdoa dengan sungguh-sungguh? Apakah aku sudah berusaha untuk menjadikan hidup ini menyenangkan bagi orang lain?

4. Berdoalah Doa Tobat:

Allah yang maharahim, aku menyesal atas dosa-dosaku. yang mahapengasih dan mahabaik bagiku. hendak memperbaiki hidupku dan tidak akan berbuat dosa lagi. Allah yang mahamurah, ampunilah aku, orang berdosa.

5. Buatlah niatan yang teguh dan khusus untuk hari esok:

6. Berdoalah (spontan) memohon kekuatan untuk menjaga kekudusan baik dalam pikiran, perkataan maupun perbuatan, kekudusan di hati maupun juga tubuh.

Mohonlah doa dari Bunda Maria, agar ia membantu anda untuk hidup kudus. Dapat diikuti oleh doa Salam Maria.

Doa Salam Maria

Salam Maria, penuh rahmat, Tuhan serta-Mu,

terpujilah Engkau di antara wanita,

dan terpujilah buah tubuh-Mu, Yesus.

Santa Maria, Bunda Allah,

doakanlah kami yang berdosa ini,

sekarang dan waktu kami mati.

Amin.

Dapat pula dilanjutkan dengan doa Ibadat Harian (The Liturgy of the Hour), doa sore hari (Vesper/ Evening prayer).

Tutuplah dengan doa:

“Tuhan Yesus, aku menyembah Engkau dan bersyukur kepada-Mu akan segala rahmat dan berkat yang Engkau berikan hari ini. Kupersembahkan tidurku dan sepanjang waktu malam hari ini, dan hindarilah aku dari dosa. Oleh karena itu aku membaringkan diriku di sisi-Mu, di bawah naungan Bunda Maria. Biarlah para malaikat- Mu yang kudus berdiri di sekelilingku dan memberikan damai kepadaku; dan agar berkat-Mu turun atas-ku.

Dalam nama-Mu ya Tuhan, aku beristirahat. Biarlah setiap tarikan nafasku memuji dan memuliakan Engkau. Berbelas kasihanlah kepada mereka yang sakit, para pendosa, mereka yang membutuhkan pertolongan, dan jiwa- jiwa yang berada dalam Api Penyucian. Bunda Maria, malaikat pelindungku, St. Yusuf, dan Santo/a pelindungku, lindungilah aku sepanjang malam ini dan sepanjang hidupku; terutama di saat ajalku. Amin.”

Alkitab

Doa malam Katolik ini merupakan bentuk syukur atas berkat dan anugerah yang telah diberikan Tuhan sepanjang hari itu. Isi doanya bermacam-macam, bisa berupa penyembahan, pujian, syukur, harapan, permohonan, syafaat, keluhan, atau ratapan. Selain doa di atas, kamu bisa mengucap doa Katolik di bawah ini:

Doa Katolik tengah malam kepada Hati Kudus Yesus

O, Hati Kudus Yesus yang paling suci, kuberi salam akhir malam hari ini keadaan luka cinta-Mu nan suci dan kuletakkan suka dukaku hari ini. Kepada hati KudusMu, aku menyerahkan hati dan jiwaku.

O, Hati kudus Yesus yang penuh cinta, sejak pagi kuserahkan bebanku seharian ini, tak percuma kuberharap kepadaMu. Engkau telah memberikan karunia-Mu yang berlimpah kepadaku. Terimalah syukurku untuk kebaikan-Mu. Engkau selalu di sisiku untuk membimbingku, lindungilah aku pada malam ini dengan perantaraan malaikat-Mu.

O, Hati Ilahi kusesali segala dosaku dengan segenap hati, ampunilah aku baruilah cinta-Mu dalam diriku. Buatlah hatiku murni, sabar, renda hati dan patuh pada kehendakMu bagiku. Agar aku dapat hidup didalam Engkau dalam persekutuanMu GerejaMu yang Kudus.

Hati Kudus Yesus, didalam HatiMu aku menempatkan jiwa dan ragaku, dalam setiap kebutuhanku. Ijinkanlah aku untuk datang kepadaMu dengan seganap iman dan kerendahan hati. Hati Kudus Yesus, selalu bersamaku dan selalu mengingatkan aku untuk kembali memujaMu. Amin

Doa malam Katolik, didoakan secara  singkat

“Bapa, utuslah malaikatMu selalu melindungi, menerangi, membimbing, dan menghantar aku. Sucikanlah jiwa ragaku agar aku pun hidup suci seperti Maria yang dikandung tanpa noda. Ya Bapa, berilah aku berkatMu, lindungilah aku terhadap segala yang jahat dan bimbinglah aku kepada kehidupan kekal dan semoga orang yang sudah meninggal beristirahat dalam ketentraman karena kerahiman Tuhan. Amin.”

Doa Katolik tengah malam bersama Bunda Maria

Bunda Maria, penolong dan pelindung kami. Kemurahan hatimu yang selalu mendengar doa-doa kami di hadapan Putra Allah. Engkau adalah sumber penghiburan dan kekuatan bagi mereka yang susah dan sedih. Dan engkau adalah tempatku berlindung.

Bunda yang pengasih, berikan jiwaku rahmat yang mengalir dari cintamu, kesabaranmu, kesucianmu dan ketekunanmu. Biarkan hatiku dan hatimu bersatu dalam Kristus Yesus, yang engkau kandung. agar kehendak dalam hidupku, selalu dibimbing olehNya, sang Mesias dan Juru Selamat yang selalu kami muliakan kini dan sepanjang masa, Amin. (Doa Bapa Kami 5 kali dan Salam Maria 3x).

Doa malam Katolik secara pribadi

Dalam nama Bapa, Putera dan Roh Kudus…Amien.

Tuhan Yesus, malam hari ini, kami putera-puterimu mengambil waktu, hendak mengucap syukur dan mengingat semua pekerjaaMu dalam hidupku. Setiap karya dalam hidupku adalah kebaikanMu. Sekalipun masalah sering datang serta hidup tidaklah mudah, namun aku tetap bersyukur karna aku tidak mempunyai alasan lain untuk tidak bersyukur atas segala berkat kebaikanMu. Kuatkanlah imanku dan dampingilah aku selalu ya Tuhan, jauhkanlah diriku dari segala godaan yang mungkin akan menjauhkanku dari diriMu. Lindungi aku dalam istirahatku malam ini hingga besok pagi dan tidak lupa aku berdoa untuk orang-orang yang aku kasihi,, sahabat, teman-teman serta tidak lupa aku berdoa untuk kedua orang tuaku. Berikanlah mereka kesehatan, kebahagiaan serta umur panjang. Bantulah aku agar aku bisa menjadi anak yang berbakti bagi mereka, amin.

Dalam nama Bapa, Putera dan Roh Kudus…Amien.

Doa malam Katolik tentu saja bisa berbeda-beda, tidak perlu meniru persis seperti doa di atas, kamu bisa memilah kata-kata kamu sendiri yang sesuai untukmu.

topik populer lainnya