Tata Cara Melamar Wanita Menurut Kristen

Baca: 5 menit
Pernikahan, Cincin

Dalam hubungan percintaan, kita akan menemui titik dimana kita harus melamar sang kekasih. Pertunangan pada Alkitab zaman dahulu, mereka yang telah betunangan hanya dapat dipisah oleh kematian atau perceraian.

Alkitab secara garis besar mempunya tiga tahapan yang diambil orang Yahudi sebelum menikah. Pertama, kedua pihak keluarga menyetujui persatuan itu, kemudian ada pernyataan umum yang di sampaikan, barulah mereka bertunangan. Pada akhirnya mereka menikah lalu hidup bersama.

Pernikahan yang baik harus sejalan dengan amanat dan firman Tuhan dalam Alkitab. Untuk lebih jelasnya anda bisa membaca tips melamar wanita menurut Kristen berikut ini:

Tips Melamar Wanita Menurut Kristen

Baik dan Sopan

Hal yang begitu sederhana namun sangat penting dalam pertunangan. Dalam firman Tuhan, seorang pria yang patut dikatakan sebagai pemimpin Kristen adalah mereka yang berkelakuan baik,  sopan, dan bertanggung jawab .

Berdoa

Dalam mencari dan menetapkan hati, hendaklah anda berdoa untuk mencari kehendak Bapa. Sebaiknya selalu sertakan tujuan karunia Roh Kudus dalam mengambil keputusan sehingga acara pertunangan bisa berjalan baik dan lancar.

Seiman

Pastikan anda benar-benar mengenal calon pasangan hidup sebelum bertunangan. Karena Alkitab mengatakan bahwa orang Kristen tidak semestinya bersatu dan hidup secara harmonis dengan orang tidak percaya (2 Korintus 6:14-15). Seorang Kristen yang bersekutu dengan orang tidak percaya memastikan dirinya akan dijauhkan dari Kristus karena, Alkitab berkata, “pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik” 1 Korintus 15:33.

Budaya

Kita hidup di negara yang punya beragam budaya. Tentu saja tiap daerah punya budaya yang berbeda dalam melaksanakan pertunangan. Untuk itu anda harus memahami budaya yang berlaku dalam melangsungkan lamaran resmi.

Hormat

Hormatilah orang lain, terutama pihak keluarga dari pasanganmu, karena kelak mereka akan jadi keluargamu juga. Utamakan orang lain dan kurangi sifat egois diri sendiri, sesuai dengan ayat Filipi 2:4 “Perhatikanlah kepentingan orang lain, jangan hanya kepentingan diri sendiri“.

Nah, jika anda sudah mengamalkan hal-hal baik di atas maka berkat pernikahan akan lebih mudah mengalir dan mampu memberikan damai sejahtera yang berlipat ganda. Itulah beberapa tips tata cara melamar menurut Kristen yang tentu saja sesuai dengan firman Allah.

Ayat Alkitab Tentang Pernikahan

Kejadian 1: 27; 2: 24

Allah menciptakan pernikahan sebagai sebuah komitmen seumur hidup antara pria dan wanita

1 Yohanes 4: 19

Allah menghendaki hubungan didasarkan oleh cinta kasih

Yohanes 13: 35

Cara kita mengasihi harus seperti bagaimana Allah mengasihi kita

1 Korintus 13:13

Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih

2 Makabe 9:21

Dengan kasih sayang aku mengingat rasa hormat dan kebaikan hatimu

Efesus 5: 3

Allah menghendaki pasangan menjaga kekudusan sebelum menikah

Rahasia Hidup Berkomitmen

  • Berkomitmen untuk lepas dari bayangan masa lalu
  • Jangan menganggap enteng pernikahanmu. Rawatlah itu setiap hari.
  • Jangan terlalu mengejar dunia hingga memperbudak pernikahanmu.
  • Ambil langkah- langkah yang spesifik dan pasti untuk menjangkau impian dan tujuan yang anda harapkan dalam pernikahan.
  • Komitmen untuk memaafkan, mengampuni, mensyukuri, juga mendoakan bersama.

Pernikahan yang dapat berjalan sesuai rencana Allah adalah yang diarahkan oleh tujuan yang baik. Karenanya, baik laki-laki dan perempuan yang masuk dalam ikatan pernikahan harus memiliki kesepakatan bagaimana keluarga mereka memiliki tujuan yang sama. Hubungan cinta yang berkualitas ialah yang memikirkan bagaimana pernikahan menjadi kemuliaan Allah dan berkat bagi sesama.

Terimakasih telah membaca artikel berjudul: Tata Cara Melamar Wanita Menurut Kristen. Penulis akan senang sekali jika artikel ini bisa membantu anda dalam melangsungkan pertunangan hinga menetapkan pernikahan. Terimakasih, salam.