42 Ayat Alkitab Tentang Kematian

Baca: 5 Menit

Kematian adalah sesuatu yang nyata dan tak bisa dihindari. Walaupun menakutkan, namun tetap saja tak mungkin lepas darinya. Oleh sebab itu ada baiknya kita menjadi manusia yang berguna bagi sesama supaya tak menyesal nantinya.

Jika sudah mati, orang yang kita tinggalkan akan mengingat kita berdasarkan amal perbuatan selama di dunia. Apakah kamu akan diingat berdasarkan kebaikan atau justru keburukan? Apa yang sudah kamu persiapkan untuk menghadapi kematian?

Hidup itu singkat, jadi buatlah sesuatu yang bermanfaat. Meski merasa sedih, takut, kehilangan, dan kesepian menyelimuti, tapi Alkitab menyebutkan bahwa bagi percaya akan dipertemukan di sorga. Berikut ini daftar Ayat Alkitab tentang kematian serta penghiburan bagi mereka yang ditinggalkan:


Yosua 23:14

Maka sekarang, sebentar lagi aku akan menempuh jalan segala yang fana. Sebab itu insaflah dengan segenap hatimu dan segenap jiwamu, bahwa satu pun dari segala yang baik yang telah dijanjikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu, tidak ada yang tidak dipenuhi. Semuanya telah digenapi bagimu. Tidak ada satu pun yang tidak dipenuhi.


Berikut ini gambar ayat Yosua 23:14 untuk anda,


Yohanes 8:44

Iblislah yang menjadi bapamu dan kamu ingin melakukan keinginan-keinginan bapamu. Ia adalah pembunuh manusia sejak semula dan tidak hidup dalam kebenaran, sebab di dalam dia tidak ada kebenaran. Apabila ia berkata dusta, ia berkata atas kehendaknya sendiri, sebab ia adalah pendusta dan bapa segala dusta.


Berikut ini gambar ayat Yohanes 8:44 untuk anda,


Yohanes 14:1-4

"Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku. Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada. Dan ke mana Aku pergi, kamu tahu jalan ke situ."


Berikut ini gambar ayat Yohanes 14:1-4 untuk anda,


Yohanes 11:26

"Dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepada-Ku, tidak akan mati selama-lamanya. Percayakah engkau akan hal ini?"


Berikut ini gambar ayat Yohanes 11:26 untuk anda,


Yohanes 11:25-26

Jawab Yesus: ”Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati, dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepada-Ku, tidak akan mati selama-lamanya. Percayakah engkau akan hal ini?”


Berikut ini gambar ayat Yohanes 11:25-26 untuk anda,


Yehezkiel 18:32

Sebab Aku tidak berkenan kepada kematian seseorang yang harus ditanggungnya, demikianlah firman Tuhan ALLAH. Oleh sebab itu, bertobatlah, supaya kamu hidup!”


Berikut ini gambar ayat Yehezkiel 18:32 untuk anda,


Wahyu 21:3-4

Lalu aku mendengar suara yang nyaring dari takhta itu berkata: ”Lihatlah, kemah Allah ada di tengah-tengah manusia dan Ia akan diam bersama-sama dengan mereka. Mereka akan menjadi umat-Nya dan Ia akan menjadi Allah mereka. Dan Ia akan menghapus segala air mata dari mata mereka, dan maut tidak akan ada lagi; tidak akan ada lagi perkabungan, atau ratap tangis, atau dukacita, sebab segala sesuatu yang lama itu telah berlalu.”


Berikut ini gambar ayat Wahyu 21:3-4 untuk anda,


Wahyu 20:6

Berbahagia dan kuduslah ia, yang mendapat bagian dalam kebangkitan pertama itu. Kematian yang kedua tidak berkuasa lagi atas mereka, tetapi mereka akan menjadi imam-imam Allah dan Kristus, dan mereka akan memerintah sebagai raja bersama-sama dengan Dia, seribu tahun lamanya.


Berikut ini gambar ayat Wahyu 20:6 untuk anda,


Wahyu 14:13

Dan aku mendengar suara dari sorga berkata: Tuliskan: "Berbahagialah orang-orang mati yang mati dalam Tuhan, sejak sekarang ini." "Sungguh," kata Roh, "supaya mereka boleh beristirahat dari jerih lelah mereka, karena segala perbuatan mereka menyertai mereka."


Berikut ini gambar ayat Wahyu 14:13 untuk anda,


Roma 8:13

Sebab, jika kamu hidup menurut daging, kamu akan mati; tetapi jika oleh Roh kamu mematikan perbuatan-perbuatan tubuhmu, kamu akan hidup.


Berikut ini gambar ayat Roma 8:13 untuk anda,


Roma 6:23

Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.


Berikut ini gambar ayat Roma 6:23 untuk anda,


Roma 5:7-8

Sebab tidak mudah seorang mau mati untuk orang yang benar – tetapi mungkin untuk orang yang baik ada orang yang berani mati –. Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa.


Berikut ini gambar ayat Roma 5:7-8 untuk anda,


Roma 14:8

Sebab jika kita hidup, kita hidup untuk Tuhan, dan jika kita mati, kita mati untuk Tuhan. Jadi baik hidup atau mati, kita adalah milik Tuhan.


Berikut ini gambar ayat Roma 14:8 untuk anda,


Pengkhotbah 9:5

Karena orang-orang yang hidup tahu bahwa mereka akan mati, tetapi orang yang mati tak tahu apa-apa, tak ada upah lagi bagi mereka, bahkan kenangan kepada mereka sudah lenyap.


Berikut ini gambar ayat Pengkhotbah 9:5 untuk anda,


Pengkhotbah 7:1

Nama yang harum lebih baik dari pada minyak yang mahal, dan hari kematian lebih baik dari pada hari kelahiran.


Berikut ini gambar ayat Pengkhotbah 7:1 untuk anda,


Pengkhotbah 12:7

Dan debu kembali menjadi tanah seperti semula dan roh kembali kepada Allah yang mengaruniakannya.


Berikut ini gambar ayat Pengkhotbah 12:7 untuk anda,


Mazmur 73:26

Sekalipun dagingku dan hatiku habis lenyap, gunung batuku dan bagianku tetaplah Allah selama-lamanya.


Berikut ini gambar ayat Mazmur 73:26 untuk anda,


Mazmur 146:4

Apabila nyawanya melayang, ia kembali ke tanah; pada hari itu juga lenyaplah maksud-maksudnya.


Berikut ini gambar ayat Mazmur 146:4 untuk anda,


Mazmur 139:7-8

Ke mana aku dapat pergi menjauhi roh-Mu, ke mana aku dapat lari dari hadapan-Mu? Jika aku mendaki ke langit, Engkau di sana; jika aku menaruh tempat tidurku di dunia orang mati, di situ pun Engkau.


Berikut ini gambar ayat Mazmur 139:7-8 untuk anda,


Mazmur 115:17

Bukan orang-orang mati akan memuji-muji TUHAN, dan bukan semua orang yang turun ke tempat sunyi,


Berikut ini gambar ayat Mazmur 115:17 untuk anda,

Trending hari ini:
12 Ayat Alkitab Tentang Malaikat

Matius 16:25

Karena barangsiapa mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya; tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan memperolehnya.


Berikut ini gambar ayat Matius 16:25 untuk anda,


Matius 10:28

Dan janganlah kamu takut kepada mereka yang dapat membunuh tubuh, tetapi yang tidak berkuasa membunuh jiwa; takutlah terutama kepada Dia yang berkuasa membinasakan baik jiwa maupun tubuh di dalam neraka.


Berikut ini gambar ayat Matius 10:28 untuk anda,


Lukas 23:46

Lalu Yesus berseru dengan suara nyaring: ”Ya Bapa, ke dalam tangan-Mu Kuserahkan nyawa-Ku.” Dan sesudah berkata demikian Ia menyerahkan nyawa-Nya.


Berikut ini gambar ayat Lukas 23:46 untuk anda,


Lukas 23:43

Kata Yesus kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus."


Berikut ini gambar ayat Lukas 23:43 untuk anda,


Lukas 2:29

"Sekarang, Tuhan, biarkanlah hamba-Mu ini pergi dalam damai sejahtera, sesuai dengan firman-Mu"


Berikut ini gambar ayat Lukas 2:29 untuk anda,


Lukas 16:23-24

Orang kaya itu juga mati, lalu dikubur. Dan sementara ia menderita sengsara di alam maut ia memandang ke atas, dan dari jauh dilihatnya Abraham, dan Lazarus duduk di pangkuannya. Lalu ia berseru, katanya: Bapa Abraham, kasihanilah aku. Suruhlah Lazarus, supaya ia mencelupkan ujung jarinya ke dalam air dan menyejukkan lidahku, sebab aku sangat kesakitan dalam nyala api ini.


Berikut ini gambar ayat Lukas 16:23-24 untuk anda,


Kidung Agung 8:6

– Taruhlah aku seperti meterai pada hatimu, seperti meterai pada lenganmu, karena cinta kuat seperti maut, kegairahan gigih seperti dunia orang mati, nyalanya adalah nyala api, seperti nyala api TUHAN!


Berikut ini gambar ayat Kidung Agung 8:6 untuk anda,


Ibrani 9:27

Dan sama seperti manusia ditetapkan untuk mati hanya satu kali saja, dan sesudah itu dihakimi,


Berikut ini gambar ayat Ibrani 9:27 untuk anda,


Filipi 1:23-24

Aku didesak dari dua pihak: aku ingin pergi dan diam bersama-sama dengan Kristus – itu memang jauh lebih baik; tetapi lebih perlu untuk tinggal di dunia ini karena kamu.


Berikut ini gambar ayat Filipi 1:23-24 untuk anda,


Filipi 1:21

Karena bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan.


Berikut ini gambar ayat Filipi 1:21 untuk anda,


Ayub 14:14

Kalau manusia mati, dapatkah ia hidup lagi? Maka aku akan menaruh harap selama hari-hari pergumulanku, sampai tiba giliranku;


Berikut ini gambar ayat Ayub 14:14 untuk anda,


2 Timotius 4:7

Aku telah mengakhiri pertandingan yang baik, aku telah mencapai garis akhir dan aku telah memelihara iman.


Berikut ini gambar ayat 2 Timotius 4:7 untuk anda,


2 Timotius 2:11

Benarlah perkataan ini: ”Jika kita mati dengan Dia, kita pun akan hidup dengan Dia


Berikut ini gambar ayat 2 Timotius 2:11 untuk anda,


2 Korintus 5:6-8

Maka oleh karena itu hati kami senantiasa tabah, meskipun kami sadar, bahwa selama kami mendiami tubuh ini, kami masih jauh dari Tuhan, --sebab hidup kami ini adalah hidup karena percaya, bukan karena melihat-- tetapi hati kami tabah, dan terlebih suka kami beralih dari tubuh ini untuk menetap pada Tuhan.


Berikut ini gambar ayat 2 Korintus 5:6-8 untuk anda,


2 Korintus 5:1

Karena kami tahu, bahwa jika kemah tempat kediaman kita di bumi ini dibongkar, Allah telah menyediakan suatu tempat kediaman di sorga bagi kita, suatu tempat kediaman yang kekal, yang tidak dibuat oleh tangan manusia.


Berikut ini gambar ayat 2 Korintus 5:1 untuk anda,


1 Tesalonika 4:16-17

Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit; sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan.


Berikut ini gambar ayat 1 Tesalonika 4:16-17 untuk anda,


1 Tesalonika 4:14

Karena jikalau kita percaya, bahwa Yesus telah mati dan telah bangkit, maka kita percaya juga bahwa mereka yang telah meninggal dalam Yesus akan dikumpulkan Allah bersama-sama dengan Dia.


Berikut ini gambar ayat 1 Tesalonika 4:14 untuk anda,


1 Korintus 15:51

Sesungguhnya aku menyatakan kepadamu suatu rahasia: kita tidak akan mati semuanya, tetapi kita semuanya akan diubah


Berikut ini gambar ayat 1 Korintus 15:51 untuk anda,


1 Korintus 15:26

Musuh yang terakhir, yang dibinasakan ialah maut.


Berikut ini gambar ayat 1 Korintus 15:26 untuk anda,


1 Korintus 15:22

Karena sama seperti semua orang mati dalam persekutuan dengan Adam, demikian pula semua orang akan dihidupkan kembali dalam persekutuan dengan Kristus.


Berikut ini gambar ayat 1 Korintus 15:22 untuk anda,


1 Korintus 15:21

Sebab sama seperti maut datang karena satu orang manusia, demikian juga kebangkitan orang mati datang karena satu orang manusia.


Berikut ini gambar ayat 1 Korintus 15:21 untuk anda,


1 Korintus 15: 51-57

Sesungguhnya aku menyatakan kepadamu suatu rahasia: kita tidak akan mati semuanya, tetapi kita semuanya akan diubah, dalam sekejap mata, pada waktu bunyi nafiri yang terakhir. Sebab nafiri akan berbunyi dan orang-orang mati akan dibangkitkan dalam keadaan yang tidak dapat binasa dan kita semua akan diubah. Karena yang dapat binasa ini harus mengenakan yang tidak dapat binasa, dan yang dapat mati ini harus mengenakan yang tidak dapat mati. Dan sesudah yang dapat binasa ini mengenakan yang tidak dapat binasa dan yang dapat mati ini mengenakan yang tidak dapat mati, maka akan genaplah firman Tuhan yang tertulis: "Maut telah ditelan dalam kemenangan. Hai maut di manakah kemenanganmu? Hai maut, di manakah sengatmu?" Sengat maut ialah dosa dan kuasa dosa ialah hukum Taurat. Tetapi syukur kepada Allah, yang telah memberikan kepada kita kemenangan oleh Yesus Kristus, Tuhan kita.


Berikut ini gambar ayat 1 Korintus 15: 51-57 untuk anda,

Takut akan kematian adalah motivasi untuk hidup lebih keras, menjadi lebih baik dari kemarin, dan menyiapkan segala sesuatunya supaya tidak menyesalinya kelak.

Terimakasih anda barusaja membaca artikel yang berjudul “42 Ayat Alkitab Tentang Kematian” oleh ayatalkitab.id, semoga apa yang kami bagikan disini dapat bermanfaat untuk anda. Salam…

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

topik populer lainnya