8 Doa Pagi Katolik yang Baik untuk Menyambut Hari ini

Baca: 5 Menit
doa pagi katolik

Untuk menyambut pagi, setiap kelompok agama pasti memiliki seperangkat doa.

Berdoa di pagi hari biasa dilakukan untuk memberikan mereka rasa percaya, keberanian, kegembiraan, dan harapannya dalam menyambut kegiatan di hari itu. Doa pagi untuk Katolik termasuk di antaranya.

Bagi umat Katolik, ada baiknya memulai hari dengan membaca daftar doa pagi Katolik berikut.

Oia kamu juga bisa memodifikasi doa-doa ini loh untuk kamu sesuaikan dengan kadaan kamu.

Doa Pagi Standar yang umum dibaca Katolik

Ya Allah, Bapa sumber segala kerahiman.
Pada awal hari baru ini aku menghaturkan puji dan
syukur kepada-Mu atas perlindungan-Mu sepanjang malam tadi.
Aku bersyukur atas hari baru yang membawa kesegaran dan
membangkitkan semangat baru bagi hidupku.
Berilah aku kemampuan baru untuk menghayati iman dan
mengamalkan kasih sepanjang hari ini.

Bimbinglah aku sepanjang hari ini;
arahkanlah pikiran dan budiku,
jangan sampai akal merancang pikiran benci dan dendam,
tindakan marah dan cemburu, keinginan jahat dan mementingkan diri.

Jagalah lidah dan bibirku,
jangan sampai terucap kata yang menyakitkan hati,
kata yang kejam menusuk rasa,
kata yang tidak benar, kata yang menghina.

Tuntunlah tingkah laku dan perbuatanku,
supaya sepanjang hari ini aku bekerja sebaik baiknya,
tidak pernah jemu menolong sesama,
selalu ramah dan tahu terima kasih, menghayati iman dan
mengamalkannya dengan sekuat tenagaku.

Semua ini kami sampaikan kepada-Mu,
dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
Amin.

 

Doa Pagi Versi 2 Singkat

Allah, Bapa kami yang ada di dalam surga, kami berterima kasih kepada-Mu karena hari yang baru ini. Berilah kami iman yang hidup, harapan yang kuat dan cinta yang ikhlas.

Kami akan berusaha sungguh-sungguh agar segala pikiran, perkataan yang akan kami ucapkan pada hari ini, dan segala perbuatanku berkenan kepada-Mu. Dan bimbinglah kami dengan terang Roh Kudus-Mu agar kami semakin serupa dengan Yesus Kristus, Putra-Mu.

Berkatilah keluarga kami dan semua orang yang akan kami jumpai hari ini. Berkatilah pula persaudaraan kami dengan mereka, agar menunjukkan kebaikan, seperti Engkau baik hati bagi semua orang. Semoga teladan Santa Perawan Maria dalam kesetiaan kepada-Mu dan keprihatinannya terhadap sesama menjadi semangat hidup kami pada hari ini. Ini semua kami mohon dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.

Amin.

 

Doa Pagi Katolik Khusus untuk Anak-anak

Anak-anak juga wajib dan sangat disarankan untuk berdoa setiap hari agar tebiasa dengan aktivitas doa dan saat dewasa kelak bisa mengajar anak anak mereka juga untuk melakukan doa rutin.

Ya Allah, Bapa yang mahabaik, terima kasih atas perlindungan-Mu sepanjang malam tadi. Terima kasih pula karena Yesus yang Kau utus menjadi sahabat anak-anak; Dia selalu menemani aku. Terima kasih juga atas Roh Kudus yang Kau utus untuk membimbing aku. Semoga hari ini aku setia mendengarkan bisikan-Nya.

Bapa, berkatilah orang tuaku, pengasuh, pendidik, sanak-saudaraku, dan teman-temanku. Bantulah juga mereka yang bersusah hati, sakit, dan menderita. Semoga mereka merasakan penghiburan dari-Mu. Aku mohon bimbingan-Mu, ya Bapa, supaya hari ini aku selalu berlaku sopan dan melaksanakan tugas tugas ku dengan baik; rajin membantu dirumah dan ramah kepada teman -teman.

Ya Bapa, utuslah santo/a pelindungku, para malaikat pelindung, dan Bunda Maria sendiri, supaya mendampingi aku sepanjang hari ini. Ini semua aku mohon dengan pengantaraan Yesus, Tuhanku.
Amin

 

Doa Pagi Sebagai Ucapat Syukur

Seperti dalam semua keyakinan agama, umat Katolik disarankan untuk tunduk kepada Tuhan dan bersyukur dalam segala hal. Hal ini ditegaskan dalam Doa Pagi yang menekankan pada bersyukur kepada Tuhan.

“Terima kasih Tuhan, untuk pagi dan hari yang baru ini. Terima kasih pula untuk malam yang telah kulewati. Dimana aku boleh mengalami perlindungan-perlindungan-Mu dalam tidurku. Sertailah dan berkatilah hari ini, pekerjaanku, keluargaku, sahabat-sahabatku dan semua kejadian serta orang yang akan kujumpai hari ini. Supaya pada malam hari nanti apabila aku menutup hari ini, aku patut melambungkan puji dan syukur kepada-Mu, Tuhan yang Maha kasih. Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin.”

 

Trending hari ini:
Doa Bapa Kami: Inilah Makna Tiap Kalimat Pesan Yesus dan Sejarahnya

Doa Pagi Mohon Perlindungan Allah

Siapa yang tahu rahasia hidup? Siapa yang tahu apa yang akan terjadi dalam hitungan detik. Ini terlihat selama pandemi COVID-19, yang melanda dunia secara tak terduga. Sehingga, umat Katolik diinstruksikan untuk berdoa demi keselamatan.

“Allah Bapa Sang Pencipta manusia dan alam semesta ini, Aku ucapkan syukur kepada-Mu, karena boleh bangun di pagi hari ini. Aku mohon bimbingan-Mu sepanjang hari ini. Bimbinglah agar aku dapat bekerja dalam semangat kasih-Mu dengan rajin, dan jujur. Buat aku agar tidak mudah putus asa dalam menjumpai segala kesulitan.Jagailah aku dari segala marabahaya dan dari rencana jahat terhadapku. Aku persatukan dengan pengorbanan Yesus Kristus, yang hidup bersama-Mu dalam persatuan roh kudus kini dan sepanjang masa. Dalam nama Bapa dan Putera, dan Roh Kudus. Amin.”

 

Doa Pagi Memohon Keselamatan

Tidak diragukan lagi, setiap orang membutuhkan perlindungan. Tuhan Yesus, menurut kepercayaan Katolik, adalah akar keselamatan. Sehingga, umat Katolik diajari untuk bergantung pada-Nya untuk diselamatkan dari segala kesulitan secara terus-menerus.

“Selamat pagi Bapa.Terima kasih atas kasih karunia-Mu yang telah Kau berikan kepadaku dari malam aku tidur hingga pagi hari ini. Aku bersyukur untuk nafas baru yang boleh aku terima. Berkati dan lindungi aktivitasku sepanjang hari ini. Berkati pula orang tua, sanak saudara, sahabat dan semua orang yang aku kasihi dalam menjalankan aktivitas mereka. Dan ampunilah untuk segala dosa yang telah kami perbuat. Doa yang kurang sempurna ini saya serahkan kepada-Mu. Demi Kristus, Tuhan kami. Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin.”

 

Doa Pagi Meminta Bimbingan Tuhan

Umat ​​Katolik, seperti halnya anak-anak, membutuhkan bimbingan dari orang tuanya, tetapi mereka juga membutuhkan nasehat dari Tuhan Yang Maha Esa. Sehingga, umat Katolik ingat untuk berdoa memohon bantuan-Nya.

“Ya Allah, Bapa yang mahabaik, terima kasih atas perlindungan-Mu sepanjang malam tadi. Terimakasih ya Yesus karena kau selalu mau menjadi sahabatku. Juga atas Roh Kudus yang Kau utus untuk membimbing hidupku. Sebelum beraktivitas, aku mohonkan bimbingan-Mu sepanjang hari. Berkatilah pula orang tuaku, pengasuh, pendidik, sanak-saudaraku, dan teman-temanku sepanjang hari. Dan berikanlah penghiburan bagi yang bersusah hati, sakit dan menderita. Bimbinganglah aku, ya Bapa, supaya hari ini aku selalu berlaku sopan dan melaksanakan tugasku dengan baik. Utuslah Santo-Santa pelindungku, para malaikat pelindung, dan bunda Maria sendiri, supaya mendampingi aku sepanjang hari ini. Dalam nama Bapa, dan Putera, dan Roh Kudus. Amin.”

 

Doa Pagi dalam kehenignan, biasanya waktu subuh

Salah satu nasehat untuk berdoa adalah masuk ke ruangan atau ruangan tertutup, seperti yang tertulis dalam Matius 6: 6 di Alkitab. Anda dapat melakukan ini untuk menciptakan keheningan selama proses doa untuk berkonsentrasi pada Tuhan Bapa.

“Allah Bapa kami yang bertahta di dalam surga, selamat pagi. Aku bersyukur kepada-Mu atas berkat dan perlindungan-Mu sepanjang malam tadi. Aku bersyukur karena pagi hari ini karena aku boleh bangun dengan tenaga dan semangat yang baru. Aku juga mau bersyukur untuk nafas kehidupan yang Kau berikan sehingga aku boleh merasakan hari yang baru. Berkatilah keluargaku dan semua orang yang akan aku jumpai hari ini. Berikanlah aku keberanian untuk hidup berbagi kasih dengan sesamaku. Berkatilah juga segenap tugas-tugas dan pekerjaanku sepanjang hari ini supaya menjadi persembahan hidup bagi-Mu. Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin.”

topik populer lainnya