Kumpulan Doa Sebelum dan Sesudah Makan Katolik

Baca: 5 Menit
Doa Sebelum dan Sesudah Makan Katolik

Berdoa sebelum makan mengajarkan kita untuk bersyukur atas nikmat yang Tuhan berikan. Makanan dan minuman adalah contoh kecil atas rezeki yang diberikan, karenanya kita harus mensyukuri, sebab ada orang yang belum tentu mendapatkan kesempatan yang sama.

Ketika kita mengerti bahwa ada sebagian orang yang karena ekonominya sulit mereka tidak bisa menikmati makanan yang mudah kita dapatkan. Hal itu akan membuat kita lebih menghargai sesuatu yang sepele seperti makanan atau minuman.

Kita sebagai umat beragama, senantiasa bersyukur dan berdoa atas nikmat yang Tuhan beri, dalam hal ini adalah makanan. AyatAlkitab.id telah merangkum kumpulan doa sebelum dan sesudah makan, khususnya untuk umat Katolik.

Kamu juga bisa mengajarkan doa-doa ini kepada anak-anak supaya mereka terbiasa untuk berdoa. Berikut di antaranya:

Doa sebelum makan Katolik untuk anak-anak

“Tuhan yang baik, aku bersyukur karena Engkau menyediakan makan untukku. Terima kasih atas rezeki yang kau berikan kepada keluargaku sampai saat ini. Berkatilah kami yang menyantap makanan ini supaya berguna bagi jiwa dan raga kami.

Tuhan yang mahabaik, berkatilah juga mereka yang belum menerima rejeki berupa makanan, semoga Engkau berikan kemudahan bagi mereka sehingga tidak kelaparan. Amin”

Doa sebelum makan Katolik

“Tuhan yang mahamurah, kami bersyukur atas makanan yang Kau berikan. Berkatilah makanan kami, berkatilah mereka yang menyediakannya, dan berkatilah orang-orang yang berkumpul untuk menikmatinya.

Bapa, semoga perjamuan ini dapat mengingatkan kami akan Yesus Kristus, yang telah menjadikan perjamuan sebagai sarana kehadiran-Nya. Dialah Tuhan, pengantara kami, kini dan sepanjang masa. Amin.”

Doa singkat sebelum makan

“Bapa, kami bersyukur dan berterima kasih atas makanan yang Engkau sediakan. Oh, Tuhan Yesus dan Roh Kudus, berkatilah makanan kami agar menyehatkan tubuh jiwa kami.” Amin

Doa sebelum makan sendirian

“Tuhanku, aku bersyukur atas segala rahmat yang sudah Engkau berikan. Di depan ku ada nikmatMu berupa makanan dan minuman, Aku mohon Engkau berkati makanan ini agar berguna bagi kesehatan dan jauhkan dari mara bahaya. Doa ini aku panjatkan kepada mu Tuhan dengan pengantaraan Yesus Kristus, Tuhan dan juru selamat kami. Amin”


Biasanya setelah makan, kita lupa untuk berdoa kembali, padahal makanan tersebut adalah berkat dari Tuhan. Berdoa kembali setelah makan menunjukan sikap hamba yang berterima kasih kepada Allah atas nikmat dan perlindungan selama menyantap makanan.

Trending hari ini:
Doa Bapa Kami: Inilah Makna Tiap Kalimat Pesan Yesus dan Sejarahnya

Berikut ini contoh doa sesudah makan:

Doa sesudah makan Katolik

Ya Tuhan ku yang maha pengasih, kami bersyukur kepadaMu atas makanan dan minuman yang telah kami nikmati. Semoga kemurahanMu dapat mengingatkan kami untuk berjalan dengan petuntukMu. Terima kasih pula untuk mereka yang telah menyediakannya, semoga mereka dapat merasakan apa yang kami rasakan ini. Demi Kristus Tuhan dan pengantara kami. Amin

Doa singkat sesudah makan

Kami bersyukur kepada-Mu, Tuhan yang Mahakuasa, atas semua berkat- berkat-Mu, yang hidup dan berkuasa, sekarang dan sepanjang segala abad. Amin. Semoga Tuhan mengaruniakan kepada kita damai-Nya. Dan kehidupan kekal. Amin.

Nah, demikian artikel mengenai kumpulan doa sebelum dan sesudah makan Katolik. Tentu saja kamu dapat memodivikasinya dengan versi bahasa kamu sendiri. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah membaca.

topik populer lainnya