Kumpulan Contoh Doa Keluarga Katolik

Baca: 5 Menit
Doa keluarga katolik

Keluarga merupakan anugerah terbaik Tuhan dalam kehidupan manusia. Keluarga bukan sekadar ikatan darah, keluarga ialah satu-satunya tempat kita pulang yang selalu bisa menerima bagaimanapun kondisinya. Namun, tak bisa dipungkiri bahwa tidak semua orang terlahir dalam keluarga yang harmonis dan baik.

Ada pula yang menganggap keluarga adalah “penjara” hingga membuat seseorang ingin segera lepas darinya. Semoga kita semua terlahir atau paling tidak hidup di dalam keluarga yang baik lagi nyaman.

Pepatah berkata bahwa darah lebih kental daripada air, hal ini berarti ikatan saudara lebih kuat dibanding ikatan pertemanan (orang luar). Setiap orang punya sudut pandang berbeda untuk mendefinisikan keluarga mereka.

Keluarga menempati posisi pertama untuk kita doakan, entah saat malam sebelum tidur, saat bangun, saat merenung atapun saat beribadah. Berikut ini contoh doa-doa keluarga katolik yang bisa kamu jadikan referensi.

Doa Keluarga Katolik Kepada Yesus Kristus

Tanda salib: Dalam nama Bapa, Putra, dan Roh Kudus. Amin.

Allah Bapa Maha Baik dan Pencipta Alam Semesta, sertailah keluargaku. Berikan kami kedamaian dan kehangatan-Mu. Lindungilah kami dari segala keburukan, perselisihan dan perpecahan. Tuntunlah kami untuk saling mengasihi, bimbimlah kami dengan kebijaksanaan dan cinta untuk saling membantu, dan kepercayaan serta kesabaran untuk hidup bersama secara damai.

Melalui perantaraan Bunda Maria, Ibu-Mu dan Bapa Santo Yosef, pelindung Gereja sekaligus pengasuh-Mu, keluarga kami dapat menjadi hidup lebih kudus, saling menerima, dan secara bersama-sama membangun keluarga. Jagalah keutuhan keluarga kami oleh terang Roh Kudus yang Engkau nyalakan di dalam diri dan hati kami. Terima kasih Tuhan Yesus, atas segala anugerah dan kebaikan kasih-Mu bagi kami sekeluarga. Amin

Trending hari ini:
8 Doa Pagi Katolik yang Baik untuk Menyambut Hari ini

Doa Malam Katolik Untuk Keluarga

Tanda salib: Dalam nama Bapa, Putra, dan Roh Kudus. Amin.

Allah Bapa Maha Kasih, terima kasih Enkau memberikan kami kesempatan untuk berkumpul bersama di malam yang indah ini. Kami bersyukur atas berkat dan penyertaan-Mu kepada keluarga kami.

Bapa, malam ini kami memohon ampun atas segala dosa dan kesalahan yang kami perbuat selama ini. Bimbimlah kami untuk menjadi pribadi yang lebih baik supaya tidak mengulanginya kembali.

Tuhan, kiranya pula bimbinglah kami sekeluarga agar dapat menjadi keluarga yang lebih baik kedepannya, saling mengasihi, penuh rezeki, berkat dan sukacita. Semoga di hari berikutnya, kami senantiasa menjadi pribadi yang lebih baik dibanding kemarin. Amin.

Doa Keluarga Katolik – Doa Suami Istri

Tanda salib: Dalam nama Bapa, Putra, dan Roh Kudus. Amin.

Tuhan, sumber cinta kasih, Engkaulah yang menyatukan kami dalam ikatan perkawinan suci. Kami bersyukur atas segala yang terjadi selama perjalan perkawinan kami. Baik dan buruk, suka dan duka, untung dan malang, bahagia dan derita, atas rahmat kesetiaan yang telah membuat kami tetap teguh dalam ikatan cinta ini.

Tuhan, bantulah kami untuk tetap saling mencintai, tak bosan mengusahakan kebahagiaan, tak takut untuk saling berkorban, jujur dan terbuka demi keutuhan keluarga. Bimbilah kami untuk saling mengasihi dan mengampuni bila suatu saat kami jatuh dan jauh dariMu.

Semoga dari hari ke hari perpaduan kasih kami semakin kuat, dan perkawinan kami sungguh menjadi sakramen kasih Kristus terhadap Gereja. Dan kelak, apabila tugas kami di dunia telah selesai, perkenankanlah kami berdua menikmati kebahagiaan abadi bersama-Mu.

Kami unjukkan doa ini kepada-Mu, ya Bapa, demi Yesus Kristus junjungan dan teladan kami, kini dan sepanjang masa. Amin

Trending hari ini:
Contoh Doa Syafaat Kristen Versi Panjang dan Pendek

Doa Pagi Katolik Untuk Keluarga

Tanda salib: Dalam nama Bapa, Putra, dan Roh Kudus. Amin.

Ya Bapa kami yang tengah berada di kerajaan Sorga. Kami berterima kasih atas berkat-Mu pada kesempatan ini sehingga kami dapat menikmati hari yang baru dengan harapan yang kuat serta cinta yang ikhlas dan iman yang meningkat kepada-Mu.

Kami sekeluarga, bersama-sama akan berusaha dengan segala pikiran, perkataan, dan perbuatan yang kami ucapkan pada hari ini, dan segala perbuatan kami lakukan agar dapat terjadi sesuai dengan kehendak-Mu. Lalu bimbinglah kami dengan terang Roh Kudus-Mu agar akmi semakin serupa dengan Yesus Kristus, Putera-Mu.

Berkatilah pula keluarga kami dan semua orang yang hendak kami jumpai pada hari ini, agar semua orang dapat menunjukkan kebaikan, seperti Engkau berbaik hati bagi semua orang. Kami berdoa agar teladan Santa Perawan Maria dalam kesetiaan kepada-Mu dan keprihatinannya terhadap sesama menjadi semangat hidup kami sepanjang hari. Amin.

Doa Katolik Meminta Perlindungan Bagi Keluarga

Tanda salib: Dalam nama Bapa, Putra, dan Roh Kudus. Amin.

Yesus yang terkasih, dengan rendah hati kami memohon pada-Mu agar Engkau memberikan rahmat-Mu pada keluarga kami. Semoga rumah kami menjadi tempat yang dikelilingi iman, kedamaian, kemurnian, dan cinta.

Kami mohon pada-Mu, agar Engkau melindungi dan memberkati kami semua di sini, yang tidak sempat hadir, maupun mereka yang telah mendahului kami. O Maria, Bunda Yesus yang terkasih, dan ibu kami, dekatkanlah keluarga kami dan semua keluarga Katolik di manapun, dengan Yesus Putera-Mu.

Ya St. Yosep, pelindung suci Yesus dan Bunda Maria, dengan doa-doamu, bantulah kami untuk mengatasi masalah-masalah dalam kehidupan keluarga kami ini. Mintalah kepada Yesus rahmat khusus yang Ia berikan kepadamu untuk menjaga rumah kami, dan menjaga keluarga kami yang sedang sakit,

Sehingga bersama engkau dan Bunda Maria, keluarga kami dapat menyatu dengan Hati Kudus Yesus. Amin.

Trending hari ini:
Terkini! 62 Ayat Alkitab Tentang Doa yang Penuh Harapan

Itulah doa pilihan katolik untuk keluarga. kamu dapat memilih sendiri dari beberapa doa yang sediakan untuk didoakan secara bersama-sama dalam keluarga. Semoga ini dapat bermanfaat anda sekeluarga.

topik populer lainnya