Efesus 4:28

Baca: 5 menit

Isi ayat :

Orang yang mencuri, janganlah ia mencuri lagi, tetapi baiklah ia bekerja keras dan melakukan pekerjaan yang baik dengan tangannya sendiri, supaya ia dapat membagikan sesuatu kepada orang yang berkekurangan.

Arti dan Makna Efesus 4:28

Ekspresi hidup seseorang yang mengenal Allah sangat berbeda dengan mereka yang masih terikat dalam dosa. Ini tidak hanya tentang aktivitas baru yang dilakukan, tetapi juga tentang arah dan hasil yang baru terjadi dalam dirinya. Kata kunci bagi orang percaya adalah menghasilkan buah yang sesuai dengan pertobatannya.

Pertobatan berarti mengubah arah hidup menuju kehidupan baru yang sesuai dengan kehendak Kristus. Sebab bukan lagi aku yang hidup, tetapi Kristus yang hidup di dalamku. Gairah untuk mengikuti langkah-langkah Kristus memampukan seseorang untuk membuat keputusan yang bijaksana dan benar. Oleh karena itu, dalam surat ini, terutama pada Efesus 4 ayat 28, Paulus menekankan tentang sikap hidup yang baru sejalan dengan pertobatan seseorang.

Orang yang dulu mencuri, sekarang tidak boleh mencuri lagi, tetapi harus bekerja keras dan melakukan pekerjaan yang baik dengan tangannya sendiri. Hal ini menunjukkan bahwa seseorang yang bekerja keras tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan makanan atau untuk menghindari mencuri, tetapi juga untuk dapat memberikan kepada orang yang membutuhkan.

Dalam konteks ini, Paulus membangun konsep bahwa hidup bukan hanya tentang melakukan kebaikan, tetapi juga tentang menjalani kebenaran dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, seorang percaya tidak hanya tidak merugikan orang lain, tetapi juga memberikan manfaat kepada mereka. Ini seharusnya menjadi ekspresi hidup yang sejati bagi orang percaya.

Paulus menyentuh banyak aspek dari sifat jatuh kita dalam dosa, dan ayat ini mengajarkan kita dalam bahasa yang sederhana dan langsung: “Jangan lagi mencuri!” Cara-cara kita yang sebelumnya harus ditolak dan praktek kehidupan kita harus menunjukkan integritas, kejujuran, dan kesucian hati: “Orang yang mencuri tidak boleh mencuri lagi, tetapi sebaliknya hendaklah ia bekerja keras!

Trending hari ini:
25 Ayat Alkitab Tentang Guru yang Layak untuk Diteladani

Berhenti mencuri dan mulailah mencari nafkah yang jujur dengan tanganmu sendiri, adalah instruksi Paulus: “Supaya kamu dapat memberi kepada orang-orang yang membutuhkan.”

Mencuri bisa dimunculkan dalam berbagai cara, dan Paulus mengajar kita bahwa larangan terhadap pencurian ini dilaksanakan dalam roh dan kebenaran – dalam setiap aspek kehidupan. Paulus tidak hanya menuntut perubahan positif dalam perilaku kita, tetapi juga menuntut agar itu berasal dari hati yang telah berubah yang mencintai dan menghormati Tuhan dan menunjukkan perhatian dan kepedulian yang sungguh-sungguh terhadap kesejahteraan orang lain.

Bukan hanya kita mengendalikan keinginan kita yang lama, tetapi perbuatan kita yang berubah berasal dari hati yang mulia, seperti Kristus, yang penuh kasih dan penuh belas kasihan. Semoga kita menerima instruksi yang jelas ini ke dalam hati kita, dan semoga kita bertumbuh dalam anugerah dan karakter setiap hari.

Doa Saya

Bapa Surgawi, saat saya membaca banyak instruksi tentang hidup saleh dan perilaku yang menyerupai Kristus, saya menyadari bahwa bukan perubahan yang sekadar dalam perilaku luar saya yang penting, tetapi perubahan batiniah di dalam lubuk hati saya, perubahan karakter yang mencerminkan kehidupan Kristus di dalam saya. Ampuni saya atas waktu-waktu saya telah mencuri dari orang lain, baik itu dalam barang, motif, reputasi, atau dalam beberapa cara yang lebih halus.

Saya berdoa agar dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan, tindakan dan sikap saya akan bersih dan mulia dan akan menghormati nama-Mu yang kudus. Berilah saya semangat yang murah hati agar saya dapat bersukacita dalam memberi dan penuh kasih dalam hati saya terhadap orang lain. Ini saya mintakan dalam nama Yesus, AMEN.

Menurut catatan tim kita, ayat alkitab Efesus 4:28 ini berkaitan dengan beberapa topik menarik dalam kehidupan berikut ini :

Jika anda tertarik anda bisa menyimak topik-topik terkait lainnya yang menakjubkan.

Bantu Kami Mengenali Ayat Efesus 4:28

Menurut kamu, ayat Efesus 4:28 ini berkaitan dengan topik atau tema apa lagi ya? - tulis jawabanmu dikomentar ya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

topik populer lainnya