Amsal 22:29

Baca: 5 menit

Isi ayat :

Pernahkah engkau melihat orang yang cakap dalam pekerjaannya? Di hadapan raja-raja ia akan berdiri, bukan di hadapan orang-orang yang hina.

Arti dan Makna Amsal 22:29

Pernahkah Anda melihat seseorang yang cakap dalam pekerjaannya? Di hadapan raja-raja ia akan berdiri, bukan di hadapan orang-orang yang hina. (Amsal 22:29)

Kata “cakap” dalam bahasa Ibrani menggunakan kata “Mahir”. Kata “Mahir” disini memiliki pengertian, spontan, tetapi tidak cepat yang ngawur atau asal-asalan, tetapi cepat karena sudah terlatih, karena sudah melakukan pekerjaan yang sama dalam waktu yang sangat lama, sehingga ia menjadi orang yang terampil dalam mengerjakannya. Jadi, sangat jelas bahwa orang-orang yang mahir dan terampil akan dicari oleh raja, dan mereka akan ditempat bekerja di istana raja.

Ezra 7:6 mengisahkan tentang Ezra, seorang ahli kitab yang mahir dalam Taurat Musa yang diberikan TUHAN, Allah Israel. Ezra diberkati oleh raja dan dilindungi oleh TUHAN, Allahnya.

Trending hari ini:
25 Ayat Alkitab Tentang Guru yang Layak untuk Diteladani

Hikmat dari kitab Amsal, supaya kita sampai pada tahap mahir atau cakap:

Bekerja untuk melayani sesama

  • “Tangan yang lamban membuat miskin, tetapi tangan orang rajin menjadikan kaya.” (Amsal 10:4)
  • Kaya adalah suatu kondisi di mana kita saling melayani satu sama lain untuk kebaikan bersama. Pekerjaan menjadi sarana untuk mengasihi sesama.

Bekerja dengan fokus

  • “Siapa mengerjakan tanahnya akan kenyang dengan makanan, tetapi siapa mengejar barang yang sia-sia akan kenyang dengan kemiskinan.” (Amsal 28:19)
  • Kitab Amsal mengaitkan kehidupan yang tidak produktif dengan kata ‘malas’. Orang yang malas digambarkan lambat untuk mulai, setelah mulai tidak diselesaikan.

Kasih itu selalu berwujud; dan pekerjaan orang Kristen itu tidak lebih dan tidak kurang adalah iman dan kasih yang hidup, sama seperti bunga adalah tanda kehidupan dari musim semi. Mari kita menjadikan setiap pekerjaan dan tanggung jawab kita sebagai mimbar pelayanan kita setiap hari.

Menurut catatan tim kita, ayat alkitab Amsal 22:29 ini berkaitan dengan beberapa topik menarik dalam kehidupan berikut ini :

Jika anda tertarik anda bisa menyimak topik-topik terkait lainnya yang menakjubkan.

Bantu Kami Mengenali Ayat Amsal 22:29

Menurut kamu, ayat Amsal 22:29 ini berkaitan dengan topik atau tema apa lagi ya? - tulis jawabanmu dikomentar ya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

topik populer lainnya