2 Korintus 4:17-18

Baca: 5 menit

Isi ayat :

Dan kesusahan yang tidak seberapa ini, yang kami alami untuk sementara, akan menghasilkan bagi kami suatu kebahagiaan yang luar biasa dan abadi. Kebahagiaan itu jauh lebih besar kalau dibandingkan dengan kesusahan itu sendiri. Sebab kami tidak memperhatikan hal-hal yang kelihatan, melainkan yang tidak kelihatan. Yang kelihatan hanya tahan sementara, tetapi yang tidak kelihatan itu kekal sampai selama-lamanya.

Arti dan Makna 2 Korintus 4:17-18

Ayat ini mengandung pengajaran tentang perspektif rohani terhadap penderitaan dan kesukaran yang dialami oleh orang percaya. Paulus, dalam ayat ini, mengungkapkan bahwa penderitaan yang mereka alami dalam pelayanan bukanlah sesuatu yang sia-sia atau tanpa makna. Meskipun terasa berat dan sulit, penderitaan itu hanya bersifat sementara. Sebaliknya, penderitaan tersebut akan menghasilkan kebahagiaan yang luar biasa dan kekal bagi mereka yang bertahan dalam iman.

Ayat ini mengajarkan bahwa pandangan manusia seringkali terbatas pada hal-hal yang terlihat dan sementara, sedangkan pandangan rohani memandang pada hal-hal yang tidak terlihat dan kekal. Dalam konteks ini, Paulus mengajarkan bahwa penderitaan yang dialami di dunia ini hanya sementara, tetapi dampak kekal dari penderitaan itu adalah kebahagiaan dan kemuliaan di hadapan Allah.

Makna dari ayat ini adalah untuk mengingatkan orang percaya bahwa penderitaan dan kesukaran yang dialami di dunia ini tidak akan sia-sia jika kita bertahan dalam iman. Meskipun terasa berat dan sulit, penderitaan tersebut akan menghasilkan kebahagiaan dan kemuliaan yang kekal di hadapan Allah. Oleh karena itu, kita diminta untuk memandang pada hal-hal yang kekal dan tidak terlihat, yaitu janji-janji Allah yang akan digenapi bagi orang percaya yang setia.

Ayat Alkitab 2 Korintus 4:17-18 ini berbicara tentang perspektif Kristen terhadap penderitaan dan pengharapan. Mari kita lihat per bagian:

  • “Dan kesusahan yang tidak seberapa ini, yang kami alami untuk sementara…” Ini berbicara tentang kesulitan dan tantangan yang dialami orang Kristen di dunia ini. Ayat ini mengakui bahwa memang ada penderitaan, namun dikatakan itu “tidak seberapa” dan “sementara.”
  • “…akan menghasilkan bagi kami suatu kebahagiaan yang luar biasa dan abadi…” Meskipun ada penderitaan, ayat ini menawarkan pengharapan. Penderitaan itu dikatakan akan “menghasilkan” kebahagiaan yang luar biasa dan kekal. Dengan kata lain, penderitaan bisa membawa pertumbuhan dan kematangan rohani yang berujung pada kebahagiaan sejati.
  • “Kebahagiaan itu jauh lebih besar kalau dibandingkan dengan kesusahan itu sendiri.” Ayat ini menekankan ketidakbandingan antara penderitaan sementara dengan kebahagiaan kekal. Penderitaan itu kecil dan akan berlalu, namun kebahagiaan yang Tuhan janjikan jauh lebih besar dan bertahan selamanya.
  • “Sebab kami tidak memperhatikan hal-hal yang kelihatan, melainkan yang tidak kelihatan.” Ini adalah kuncinya. Orang Kristen diajak untuk tidak fokus pada penderitaan yang terlihat (duniawi), tetapi pada berkat-berkat rohani yang tidak terlihat (kekal). Penderitaan itu sementara dan fana, sedangkan berkat rohani dari Tuhan itu kekal.
  • “Yang kelihatan hanya tahan sementara, tetapi yang tidak kelihatan itu kekal sampai selama-lamanya.” Ini penegasan kembali poin sebelumnya. Hal-hal duniawi bersifat sementara, sedangkan hal-hal rohani bersifat kekal.
Trending hari ini:
Kumpulan Ayat Alkitab Tentang Pengharapan

Singkatnya, ayat ini mengajarkan bahwa orang Kristen harus memiliki perspektif yang benar terhadap penderitaan. Penderitaan itu bukanlah akhir cerita, tetapi bagian dari perjalanan menuju kebahagiaan yang jauh lebih besar dan kekal. Penderitaan itu mendorong kita untuk fokus pada hal-hal yang tidak terlihat, yaitu berkat rohani dan hubungan dengan Tuhan.

Menurut catatan tim kita, ayat alkitab 2 Korintus 4:17-18 ini berkaitan dengan beberapa topik menarik dalam kehidupan berikut ini :

Jika anda tertarik anda bisa menyimak topik-topik terkait lainnya yang menakjubkan.

Bantu Kami Mengenali Ayat 2 Korintus 4:17-18

Menurut kamu, ayat 2 Korintus 4:17-18 ini berkaitan dengan topik atau tema apa lagi ya? - tulis jawabanmu dikomentar ya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

topik populer lainnya