25 Ayat Alkitab Tentang Guru yang Layak untuk Diteladani

Baca: 5 Menit
25 Ayat Alkitab Tentang Guru yang Layak untuk Diteladani

Ayat Alkitab Tentang Guru – Kita semua paham bahwa seorang guru merupakan tokoh yang perannya sangat krusial dalam dunia pendidikan. Sayangnya, ada saja guru yang tidak layak dijadikan contoh karena dinilai belum ‘layak’ dijadikan teladan.

Oleh sebab itu, seorang guru harusnya mencontohkan atau mempraktekan apa yang dia ajarkan. Bila tidak, semua pengajarannya maka tak lebih dari teori omong kosong belaka. Peran yang besar akan membawa tanggung jawab yang besar pula.

Guru adalah seorang pengajar suatu ilmu. Dalam bahasa Indonesia, guru umumnya merujuk pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.

Tugas utama seorang guru dalam konteks pendidikan Kristen adalah membantu para siswa untuk belajar mengenal Allah di dalam Yesus Kristus dan melalui firmanNya.

Banyak sekali Ayat Alkitab yang bisa menjadi pedoman bagaimana cara untuk menjadi guru yang baik. Berikut ini daftar Ayat Alkitab – Firman Tuhan tentang guru.


Yakobus 3:1

Saudara-saudaraku, janganlah banyak orang di antara kamu mau menjadi guru; sebab kita tahu, bahwa sebagai guru kita akan dihakimi menurut ukuran yang lebih berat.


Berikut ini gambar ayat Yakobus 3:1 untuk anda,

Yakobus 3:1

Titus 2:7-8

dan jadikanlah dirimu sendiri suatu teladan dalam berbuat baik. Hendaklah engkau jujur dan bersungguh-sungguh dalam pengajaranmu, sehat dan tidak bercela dalam pemberitaanmu sehingga lawan menjadi malu, karena tidak ada hal-hal buruk yang dapat mereka sebarkan tentang kita.


Berikut ini gambar ayat Titus 2:7-8 untuk anda,

Titus 2:7-8

Titus 2:7

dan jadikanlah dirimu sendiri suatu teladan dalam berbuat baik. Hendaklah engkau jujur dan bersungguh-sungguh dalam pengajaranmu


Berikut ini gambar ayat Titus 2:7 untuk anda,

Titus 2:7

Titus 2:1

Tetapi engkau, beritakanlah apa yang sesuai dengan ajaran yang sehat


Berikut ini gambar ayat Titus 2:1 untuk anda,


Roma 15:4

Sebab segala sesuatu yang ditulis dahulu , telah ditulis untuk menjadi pelajaran bagi kita, supaya kita teguh berpegang pada pengharapan oleh ketekunan dan penghiburan dari Kitab Suci. 


Berikut ini gambar ayat Roma 15:4 untuk anda,

Roma 15:4

Roma 12:6-7

Demikianlah kita mempunyai karunia yang berlain-lainan menurut kasih karunia yang dianugerahkan kepada kita: Jika karunia itu adalah untuk bernubuat baiklah kita melakukannya sesuai dengan iman kita. Jika karunia untuk melayani, baiklah kita melayani; jika karunia untuk mengajar, baiklah kita mengajar 


Berikut ini gambar ayat Roma 12:6-7 untuk anda,

Roma 12:6-7

Mazmur 32:8

Aku hendak mengajar dan menunjukkan kepadamu jalan yang harus kautempuh; Aku hendak memberi nasihat, mata-Ku tertuju kepadamu.


Berikut ini gambar ayat Mazmur 32:8 untuk anda,


Mazmur 119:99

Aku lebih berakal budi dari pada semua pengajarku, sebab peringatan-peringatan-Mu kurenungkan.


Berikut ini gambar ayat Mazmur 119:99 untuk anda,

Mazmur 119:99

Matius 28:20

dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.”


Berikut ini gambar ayat Matius 28:20 untuk anda,

Matius 28:20

Markus 9:42

Barangsiapa menyesatkan salah satu dari anak-anak kecil yang percaya ini, lebih baik baginya jika sebuah batu kilangan diikatkan pada lehernya lalu ia dibuang ke dalam laut. 


Berikut ini gambar ayat Markus 9:42 untuk anda,

Markus 9:42

Lukas 6:40

Seorang murid tidak lebih dari pada gurunya, tetapi barangsiapa yang telah tamat pelajarannya akan sama dengan gurunya. 


Berikut ini gambar ayat Lukas 6:40 untuk anda,

Lukas 6:40

Kolose 3:16

Hendaklah perkataan Kristus diam dengan segala kekayaannya di antara kamu, sehingga kamu dengan segala hikmat mengajar dan menegur seorang akan yang lain dan sambil menyanyikan mazmur, dan puji-pujian dan nyanyian rohani, kamu mengucap syukur kepada Allah di dalam hatimu.


Berikut ini gambar ayat Kolose 3:16 untuk anda,


Keluaran 18:20

Kemudian haruslah engkau mengajarkan kepada mereka ketetapan-ketetapan dan keputusan-keputusan, dan memberitahukan kepada mereka jalan yang harus dijalani, dan pekerjaan yang harus dilakukan.Kemudian haruslah engkau mengajarkan kepada mereka ketetapan-ketetapan dan keputusan-keputusan, dan memberitahukan kepada mereka jalan yang harus dijalani, dan pekerjaan yang harus dilakukan.


Berikut ini gambar ayat Keluaran 18:20 untuk anda,

Keluaran 18:20

Galatia 6:6

Dan baiklah dia, yang menerima pengajaran dalam Firman, membagi segala sesuatu yang ada padanya dengan orang yang memberikan pengajaran itu. 


Berikut ini gambar ayat Galatia 6:6 untuk anda,

Galatia 6:6

Efesus 6:4

Dan kamu, bapa-bapa, janganlah bangkitkan amarah di dalam hati anak-anakmu, tetapi didiklah mereka di dalam ajaran dan nasihat Tuhan.


Berikut ini gambar ayat Efesus 6:4 untuk anda,


Amsal 9:9

Berilah orang bijak nasihat, maka ia akan menjadi lebih bijak, ajarilah orang benar, maka pengetahuannya akan bertambah.


Berikut ini gambar ayat Amsal 9:9 untuk anda,

Amsal 9:9

Amsal 3:5-6

Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu.


Berikut ini gambar ayat Amsal 3:5-6 untuk anda,


Amsal 29:17

Didiklah anakmu, maka ia akan memberikan ketenteraman kepadamu, dan mendatangkan sukacita kepadamu.


Berikut ini gambar ayat Amsal 29:17 untuk anda,

Amsal 29:17

Amsal 22:6

Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanya pun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu.


Berikut ini gambar ayat Amsal 22:6 untuk anda,


Amsal 1:2-4

Untuk mengetahui hikmat dan didikan, untuk mengerti kata-kata yang bermakna, untuk menerima didikan yang menjadikan pandai, serta kebenaran, keadilan dan kejujuran, untuk memberikan kecerdasan kepada orang yang tak berpengalaman, dan pengetahuan serta kebijaksanaan kepada orang muda


Berikut ini gambar ayat Amsal 1:2-4 untuk anda,

Amsal 1:2-4

2 Timotius 3:16-17

Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik.


Berikut ini gambar ayat 2 Timotius 3:16-17 untuk anda,


2 Timotius 2:2

Apa yang telah engkau dengar dari padaku di depan banyak saksi, percayakanlah itu kepada orang-orang yang dapat dipercayai, yang juga cakap mengajar orang lain.


Berikut ini gambar ayat 2 Timotius 2:2 untuk anda,

2 Timotius 2:2

2 Timotius 2:15

Usahakanlah supaya engkau layak di hadapan Allah sebagai seorang pekerja yang tidak usah malu, yang berterus terang memberitakan perkataan kebenaran itu.


Berikut ini gambar ayat 2 Timotius 2:15 untuk anda,


1 Yohanes 2:27

Sebab di dalam diri kamu tetap ada pengurapan yang telah kamu terima dari pada-Nya. Karena itu tidak perlu kamu diajar oleh orang lain. Tetapi sebagaimana pengurapan-Nya mengajar kamu tentang segala sesuatu – dan pengajaran-Nya itu benar, tidak dusta – dan sebagaimana Ia dahulu telah mengajar kamu, demikianlah hendaknya kamu tetap tinggal di dalam Dia.


Berikut ini gambar ayat 1 Yohanes 2:27 untuk anda,

Demikian beberapa Firman Tuhan tentang guru atau pengajar yang dirangkum oleh AyatAlkitab.id semoga dapat membantu kamu dalam menjadi teladan para murid.

Trending hari ini:
180 Ayat Emas Alkitab yang Populer Hari Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

topik populer lainnya